Jum'at, 19 Oktober 2018 

Peringatan HUT BPK RI KE-71

15/01/2018 – 16:59

Mataram – Tahun 2018 ini, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) berusia 71 tahun. Pada tanggal 01 Januari 1947 BPK RI didirikan di Magelang. Pada waktu itu Badan Pemeriksa Keuangan hanya mempunyai 9 orang pegawai dan sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pertama adalah R. Soerasno. Peringatan HUT BPK ke-71 tahun mengangkat tema “BPK Merajut Kebersamaan”. Tema ini sangat relevan karena dengan kebersamaan, kita dapat mengatasi semua tantangan dan hambatan dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan tujuan negara, yaitu masyarakat yang adil dan makmur.

Dalam rangka memperingati HUT BPK RI ke-71, BPK Perwakilan Provinsi NTB mengadakan serangkaian perlombaan yang dilaksanakan selama satu minggu (8-12 Januari 2018), yaitu lomba tenis meja, badminton, futsal, memasukkan paku ke dalam botol, makan kerupuk estafet, dan lomba karaoke/BPK NTB Idol. Pada hari Jumat, 12 Januari 2018 diadakan jalan sehat di sekitaran Jalan Udayana Mataram dan pembagian doorprize.

Acara puncak perayaan HUT BPK RI ke-71 adalah Senin, 15 Januari 2018, yaitu pelaksanaan Upacara Bendera. Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara yakni Kepala Perwakilan, Wahyu Priyono, membacakan pidato Ketua BPK RI. Ketua BPK berpesan untuk menjunjung tinggi integritas, independensi, dan profesionalisme agar martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas BPK selalu terjaga.

Seusai Upacara Bendera, dilanjutkan dengan pengumuman dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba. Juara umum perlombaan HUT BPK tahun ini kembali diraih oleh tim Sekretariat. Sementara juara BPK NTB Idol diraih oleh Handriany Erlianingsih yang juga menjadi Peserta Favorit/Terheboh. Diumumkan pula pegawai teladan BPK Perwakilan Provinsi NTB tahun 2017, yakni Sahidun, Helmy Fanfani, dan Nurul Habibah. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan dan makan bersama.