Senin, 21 Agustus 2017 

Kabupaten Lombok Utara

lambang_kabupaten_lombok_utara

Kabupaten Lombok Utara ibukotanya adalah Tajung. Kabupaten Lombok Utara pada awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Lombok Barat yang termasuk dalam 15 (lima belas) Kecamatan yaitu Kecamatan Bayan, Gangga, Kayangan, Tanjung, Pemenang, Gunungsari, Batulayar, Narmada, Lingsar, Labuapi, Kediri, Kuripan, Gerung, Lembar dan Sekotong Tengah.
Seiring dengan terjadinya perkembangan yang menuntut pelayanan administrasi pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan masyarakat yang maksimal tercetus keinginan warga masyarakat Kabupaten Lombok Barat bagian Utara untuk mengusulkan pemekaran Kabupaten lombok Barat bagian Utara menjadi Kabupaten Lombok utara. Alasan pemekaran Kabupaten ini adalah dalam rangka percepatan pembangunan dan pendekatkan pelayanan masyarakat yang mana dengan dipindahkannya Ibukota Kabupaten lombok Barat di Gerung berimplikasi pada semakin jauhnya jarak tempuh masyarakat Lombok Barat bagian utara ke pusat pemerintahan Kabupaten. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat

Wilayah Kabupaten Lombok Utara dibagi menjadi 5 kecamatan, yaitu:

  1. Bayan
  2. Gangga
  3. Kayangan
  4. Pemenang
  5. Tanjung

Kondisi  Geografi Daerah

Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu dari 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota di Propinsi Nusa Tenggara Barat, yang posisinya terletak dibagian utara Pulau Lombok dengan posisi antara 08o 21’ 42” Lintang Selatan dan 116o09’ 54” Bujur Timur, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara                      :       Laut Jawa

Sebelah Barat                      :       Selat Lombok dan Kabupaten Lombok Barat

Sebelah Selatan                  :       Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah

Sebelah Timur                     :       Kabupaten Lombok Timur

Kabupaten Lombok Utara beribukota di  Tanjung yang sekaligus sebagai pusat Pemerintahan. Kabupaten Lombok Utara mempunyai luas wilayah daratan  809.53 Km2 yang terdiri dari wilayah khusus (hutan lindung, kawasan margasatwa, dll) seluas 361,86 Km2 (44,30%) dan sisanya daratan rata untuk lahan pertanian dll seluas 447,67 Km255,30%). Luas wilayah perairan  Lombok Utara adalah 594,71 Km2 dengan panjang pantai 127 KmSecara administrastif Kabupaten Kombok Utara terbagi dalam 5 (lima) Kecamatan, 33 Desa dan371Dusun, yang mana Kecamatan Bayan memiliki luas wilayah terbesar dengan luas wilayah daratan 329,10 m2(40,66 %) dan terkecil adalah Kecamatan Pemenang dengan luas wilayah daratan  81,09 Km2 (10,01 %).

Kabupaten Lombok Utara memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang berada di perairan laut yang  secara administratif masuk dalam wilayah   Kabupaten Lombok Utara. Pulau-pulau kecil di Kabupaten Lombok Utara berjumlah 3 gugusan pulau, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan.