Jum'at, 23 Juni 2017 

Kabupaten Lombok Timur

 kab-lotim

Kabupaten Lombok Timur beribukota di Selong memiliki luas wilayah 2.679,88 Km2, secara geogarafis terletak di 116o-117o BT dan antara 8o-9o LS, Luas wilayah Kabupaten Lombok Timur adalah 2.679,88 km² yang terdiri dari daratan seluas 1.605,55 km² (59,91 %) dan lautan seluas 1.074,33 km² (40,09 %). Kabupaten Lombok Timur berbatasan dengan Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Barat di sebelah barat, Samudra Hindia di sebelah selatan, Selat Alas di sebelah timur, dan Laut Jawa di Sebelah Utara. Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi 20 Kecamatan, 96 Desa dan 13 Kelurahan.

Potensi Daerah

Pertanian

Daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan, petensi pertanian di Lombok Timur adalah padi, jagung, Kedelai, Kacang Tanah, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Kacang Hijau, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe, Terong dan Tomat. Untuk hasil perkebunan di daerah ini berupa cengkeh, jambu mete, kakao, kapas, kelapa dalam, kopi robusta, lada, tembakau. Daerah utara merupakan daerah pertanian yang subur dan merupakan lereng gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m. Daerah ini sangat berpotensi untuk pengembangan agroindustri. Sementara itu, daerah selatan merupakan daerah lahan kering dengan curah hujan relatif rendah, namun daerah tersebut sangat potensial untuk pengembangan komoditas pertanian seperti tembakau jenis Virginia.

Pembangunan sub sektor peternakan diarahkan untuk untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat akan makanan yang bergizi, disamping itu juga unutuk meningkatkan pendapatan peternak, populasi ternak yang berkembang di Lombok Timur adalah ternak sapi, kerbau, kuda, kambing, sedangkan untuk jenis unggas adalah ayam kampung, ayam ras, dan itik lokal.

Kelautan

Sumber daya kelautan dan perikanan dewasa ini telah menjadi satu alternatif suplemen mengatasi keterbatasan daya dukung sumber daya daratan terhadap kebutuhan penduduk yang terus meningkat. Hasil perikanan ddan kelautan di daerah ini berupa mutiara, kerapau, treipang, lobster, rumput laut, dan kerang-kerangan. Di beberapa pelabuhan alam terbentuk sebagai sentra produksi ikan laut seperti Labuhan Lombok, Tanjung Luar, Labuhan haji, dan lain-lain. Sayangnya potensi tersebut tidak diikuti oleh peningkatan nilai ekonomis produknya melalui pengolahan pasca panennya. Disamping itu, terdapat juga budidaya rumput laut yang dikelola oleh masyarakat pesisirnya. Bahan tambang atau bahan galian adalah bagian dari Sumber Daya Alam daerah yang merupakan salah satu modal dasar pembangunan dan diharapkan bisa memberikan sumbangan berarti dalam pembangunan daerah

Potensi bahan tambang didaerah ini meliputi pasir besi, batu kapur, marmer, tanah liat, sirtu, batu apung. Pembangunan sektor perdagangan diarahkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kegiatan usaha perdagangan mulai dari skala kecil, menengah dan besar, baik perdagangan dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka pemerataan kesempatan berusaha, penyerapan tenaga kerja, melindungi kepentingan produsen dan konsumen, peningkatan ekspor dan daya saing serta penghematan devisa. keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, juga sudah terdapat 3 buah Pelabuhan yangb utama yaitu Pelabuhan Labuhan Haji, Pelabuhan Tanjung Luar, dan Pelabuhan Pemenang, serta terdapat berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya sarana pembangkit tenaga listrik, air bersih, gas dan jaringan telekomunikasi.